Uploaded by User18308

kerja otot

advertisement
Abduksi dan Adduksi
Gerakan selanjutnya adalah gerakan abduksi dan gerakan adduksi. Gerakan abduksi adalah
gerakan yang menjauhi badan, contohnya gerakan merentangkan tangan. Sedangkan gerakan
adduksi adalah gerakan yang mendekati badan, misalnya mengembalikan tangan ke posisi
semula setelah merentangkan tangan.
Depresi dan Elevasi
Wah, kok namanya serem banget sih, depresi gitu? Eh, jangan serem-serem dulu. Gerakan
depresi ini adalah gerakan menurunkan anggota tubuh, sedangkan gerakan elevasi adalah
gerakan menaikkan anggota tubuh. Contohnya adalah gerakan mengarahkan kepala ke atas
dan gerakan menurunkan kepala ketika sedang berolahraga.
Supinasi dan Pronasi
Yang dimaksud dengan gerakan supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Sedangkan,
gerakan pronasi adalah gerakan menelungkupkan tangan. Hayo, siapa di sini yang suka minta
uang jajan ke mama atau papa? Pasti menengadahkan tangan, kan? Wah, itu tandanya, kamu
sedang melakukan gerakan supinasi, tuh!
Inversi dan Eversi
Gerakan selanjutnya bernama gerakan inversi dan gerakan eversi. Gerakan inversi adalah
gerak memiringkan telapak kaki ke arah dalam tubuh, sedangkan gerak eversi adalah gerakan
memiringkan telapak kaki ke arah luar.
Gerak Antar Otot
Selain macam-macam gerakan tubuh yang sudah dibahas sebelumnya, ada juga nih yang
namanya gerak antar otot! Gerak antar otot dibagi menjadi gerak sinergis dan gerak
antagonis.
Gerak Sinergis
Gerak sinergis adalah gerakan 2 buah otot yang sama arahnya. Contohnya adalah gerakan
otot pronator teres dan kuadratus, yang bekerja sama untuk menghasilkan gerakan supinasi
dan pronasi.
Gerak Antagonis
Wah, kayaknya sering deh liat tokoh antagonis di serial televisi. Eits, tapi gerak antagonis ini
beda dong sama tokoh antagonis yang sering kamu liat di serial televisi. Yang dimaksud
dengan gerakan antagonis adalah gerak 2 buah otot yang saling berlawanan, misalnya otot
trisep dan bisep yang saling membantu ketika kita sedang membengkokkan tangan dan
meluruskan tangan.
Download
Random flashcards
hardi

0 Cards oauth2_google_0810629b-edb6-401f-b28c-674c45d34d87

Rekening Agen Resmi De Nature Indonesia

9 Cards denaturerumahsehat

sport and healty

2 Cards Nova Aulia Rahman

Nomor Rekening Asli Agen De Nature Indonesia

2 Cards denaturerumahsehat

Create flashcards