tugas1_blog_bumi dan antariksa

advertisement
TUGAS 1
NAMA
: EVVI APRILIYA
NIM
: 2014-91-011
MATA KULIAH
: BUMI DAN ANTARIKSA
1. Jelaskan tentang teori bing bang dan teori planetisimal !
 Teori Big Bang adalah teori yang membantah paham materialisme yang
menyatakan bahwa keberadaan alam semesta ini tunggal.Tidak berawal dan
tidak berakhir.Dengan bahasa sederhana, teori ini menunjukkan keberadaan
Sang Pencipa dan alam semesta ini adalah ciptaanNYA.Menurut Teori Big
Bang, Bumi ini sudah berusia kira-kira 13,7 Miliyar tahun. Pada awal
terbentuknya alam semesta telah terjadi sebuah fenomena Ledakan Besar.
Ledakan raksasa yang menandai permulaan alam semesta ini dinamakan 'Big
Bang', dan teorinya dikenal dengan nama tersebut. Perlu dikemukakan bahwa
'volume nol' merupakan pernyataan teoritis yang digunakan untuk
memudahkan pemahaman. Ilmu pengetahuan dapat mendefinisikan konsep
'ketiadaan', yang berada di luar batas pemahaman manusia, hanya dengan
menyatakannya sebagai 'titik bervolume nol'. Sebenarnya, 'sebuah titik tak
bervolume' berarti 'ketiadaan'. Demikianlah alam semesta muncul menjadi ada
dari ketiadaan. Dengan kata lain, ia telah diciptakan.
Teori Big Bang menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta pada
awalnya adalah satu wujud, dan kemudian terpisah-pisah. Ini diartikan bahwa
keseluruhan materi diciptakan melalui Big Bang atau ledakan raksasa dari
satu titik tunggal, dan membentuk alam semesta kini dengan cara pemisahan
satu dari yang lain. Georges Lemaitre adalah seorang yang mengusulkan teori
Big Bang. Ia adalah seorang Biarawan Katolik Romawi Belgia. Sedangkan
Alexander Friedmann adalah orang yang telah mengajukan persamaan dari
Teori Big Bang.
 Teori planetisimal dicetuskan oleh Thomas Chrowder Chamberlein dan Forest
R. Mourton. Teori ini mengatakan :
a) mula-mula Matahari telah ada sebagai salah satu dari bintang-bintang yang
ada, sampai terjadi pada suatu bintang berpapasan dengan Matahari pada jarak
yang cukup dekat. Karena jaraknya tersebut maka tarika gravitasi bintang
yang lewat tersebut mengakibatkan sebagian Matahari tertarik ke arah bintang
tersebut. Ketika bintang menjauh, sebagian bahan-bahan itu ada yang terlepas
dari Matahari dan sebagian lagi membeku menjadi planetesimal yang
melayang-layang di angkasa sebaai planet-planet yang mengelilingi Matahari.
b) Awalnya terdapat gumpalan kabut yang membentuk tatasurya berbentuk
spiral atau pilin. Kabut pilin tersebut terdiri dari butir0butir material padat
yang disebut “planetesimal” yang mempunyai lintasan orbit bebas dan saling
bertubrukan. Tubrukan-tubrukan antar planetesimal menyebabkan terjadinya
gumpalan yang lebih besar dan padat. Yang terbesar di pusat kabut pilin
tersebut membentuk Matahari, sedangkan gumpalan-gumpalan yang kecil
membentuk planet-planet yang mengitari Matahari.
2. Jelaskan tentang unsur-unsur pembentuk cuaca !
Unsur-unsur pembentukan cuaca diantaranya ada suhu udara, tekanan udara,
kelembaban, angin, awan, dan hujan.
 Suhu udara
Suhu adalah besaran yang menunjukkan derajat panas suatu benda. Alat ukur
suhu disebut “termometer”.
 Tekanan udara
Tekanan udara adalah tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara
dalam setiap satuan luas tertentu. Alat ukur tekanan udara disebut
“barometer”.
 Kelembaban
Kelembaban adalah banyaknya uap air yang dikandung dalam udara.
Kelembaban udara dibedakan menjadi dua, yaitu kelembaban mutlak dan
kelembaban relatif.
 Angin
Angin adalah udara yang bergerak dari tekanan maksimum ke tekanan
minimum. Alat kecepatan angin disebut “anemometer”. Angin di bagi
menjadi dua, yaitu ;
1. Angin lokal
Angin darat : terjadi malam hari (bergerak dari darat ke laut)
Angin laut : terjadi siang hari (bergerak dari laut ke darat)
2. Angin tetap.
 Awan
Awan adalah kumpulan tetesan air (Kristal-kristal es) di dalam udara yang
terjadi karena pengembunan/pemadatan udara setelah melampaui keadaan
jenuh.
 Hujan
Hujan adalah tetesan air di udara yang jatuh di permukaan bumi. Alat
pengukur hujan disebut “fluviograf”.
3. Jelaskan tentang terjadinya badai matahari dan aurora !
•
Siklus terjadinya badai matahari.
Terjadi pergolakan yang dahsyat pada inti matahari. Dengan adanya aktivitas
pada inti matahari itulah menghasilkan lidan api, dan sampai di permukaan
matahari lidah api itu pun kemudian meledak dan menghasilkan fer matahari.
Fer matahari lepas dari permukaan matahari dan selanjutnya efek dari ledakan
tersebut membuat fer matahari terus berjalan hingga melewati planet-planet
yang di laluinya. Untuk mencapai planet merkurius fer matahari
membutuhkan waktu 6 jam, kemudian lanjut ke planet Venus yang
memerlukan waktu 12 jam, dan tibalah fer matahari tersebut ke bumi dengan
hanya memerlukan waktu 3 jam untuk sampai ke bumi. Fer matahari tidak
dapat langsung masuk ke bumi karena bumi memiliki lapisan ozon. Energi fer
dapat di atasi oleh ozon bumi yang kemudian sisa-sisa fer matahari itu masuk
ke bagian utara dan selatan bumi. Dengan adanya ozon bumi, bumi terbebas
dari efek langsung badai matahari.
•
Aurora
Lidah-lidah api matahari memancarkan aliran partikel atom seperti protonproton dan elektron- elektron. Partikel-partikel itu sampai pada atmosfer bumi
bagian atas. Kemudian partikel mengubah sifat kimia atmosfer dan
menciptakan fenomena alam nyata yang sangat terang, yang disebut aurora.
4. Apa yang anda ketahui tentang :
a. Kelembaban mutlak
Kelembaban mutlah adalah jumlah uap air yang terdapat dalam 1m3 udara
( gram / m3 ) jumlah max . uap air yang dapat di kandung oleh udara dalam
suatu suhu tertentu .
b. Kelembaban relative
Kelembaban relatif merupakan perbandingan jumlah uap air yang di kandung
udara dengan jumlah maksimal uap air yang dapat di kandung udara pada
suhu dan tekanan yang sama.
c. Angin muson barat
Angin muson barat merupakan pergerakan angin dari arah barat (benua asia)
dengan memakan perjalanan yang lama sehingga menghasilkan dan
membawa uap air yang banyak dan tibalah di indonesia. Pada angin muson
barat ini Indonesia akan mengalami musim penghujan.
d. Angin muson timur
Angin muson timur merupakan pergerakan angin dari arah timur (benua
autralia) dengan memakan perjalanan yang singkat sehingga menghasilkan
dan membawa uap air yang sedikit dan tibalah di Indonesia. Pada angin
muson timur ini Indonesia akan mengalami musim kemarau.
e. Angin laut
Angin laut merupakan pergerakan angin dari arah laut menuju darat. Angin
laut terjadi pada siang hari dan dimanfaatkan oleh para nelayan yang ingin
pulang ke daratan.
f. Angin darat
Angin darat merupakan pergerakan angina dari arah darat menuju laut. Angin
darat terjadi pada malam hari dan sering dimanfaatkan oleh para nelayan
untuk berlayar mencari ikan di laut.
5. jelaskan kembali terbentuknya atmosfer !
Proses terbentuknya atmosfer kita itu, bareng ama proses terbentuknya bumi kita
pastinyakan. Nah, dulu sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu itu tu atmosfer kita mulai
terbentuk. Tapi karena bumi kita juga masih muda banget dan belum terbentuk secara
sempurna, makanya atmosfer kita juga masih belum kayak sekarang, masih banyak
debu, material, senyawa berbahaya hasil aktivitas bumi kita yang masih 'bayi'.hehe.
Pada waktu itu ada yang nama proses "Out Gassing" proses ini membuat atmosfer
kita banyak punya cadangan gas-gas beracun yaitu gas CH4 dan NH4. Oleh
karenanya, pada masa ini belum ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan, ya
pastilah keracunan kali ya. hehe
Selain mengeluarkan dua jenis gas di atas proses ini juga mengeluarkan H2O dalam
fasa gas dari dalam bumi. Nah, karena adanya H2O pastinya pas dia udah nyampek
ke atas atmosfer (bagian dengan suhu rendah) pastinya dia bakal berubah fasa kan
dari gas jadi cair (mengembun). Trus dia turun ke bumi, Tapi karena permukaan bumi
pada waktu itu masih puanas pol-polan. Makanya pas belum nyampek di permukaan
aja H2O cair tadi udah menguap lagi dan naik lagi ke atas. Proses ini membuat
permukaan bumi yang panas jadi lama-lama mendingin. Proses itu tu teruuuuus
berlangsung sekitar 1 milyar tahun yang lalu.
Proses itu terus berlangsung, pada waktu itu karena adanya proses perubahan fasa
H2O tadi. Makanya pada waktu itu, permukaaan bumi makin mendingin, bumi jadi
agak stabil dan atmosfer jadi agak bersih. Karena jadi agak bersih, makanya cahaya
matahari bisa masuk ke permukaan bumi dan lanjut pada terjadinya proses yang
disebut "Disosiasi fotokemis". Jadi itu sejenis reaksi kimia gitu deh, ini dia reaksi
kimianya :
2H2O + sinar UV > 2H2 + O2
CH4 + 2O2 > CO2 + 2H2O
NH4 + 3O2 > 2N2 + 6H2O
Nah, kalo dilihat dari reaksi di atas makanya kandungan CH4 dan NH4 akan makin
mengecil seperti sekarang. Kandungan O2, CO2, dan N2 jadi besar dan merupakan
kandungan gas terbanyak saat ini. Gabungan ketiga gas ini akan membentuk lebih
dari 95% kandungan atmosfer bumi, dengan rincian N2 sebanyak 78%, O2 sebanyak
21% dan CO2 sebanyak 0,5%. Proses yang satu ini lebih lama dikit sih dari yang tadi
yaaa sekitar 2 milyar tahun. Kalo diitung-itung 4,6 milyar dikurangi 1 milyar
dikurangi 2 milyar, maka dari itu, lamanya pembentukan atmosfer kita sendiri sekitar
selama 3,6 milyar tahun. Itulah cerita singkat tentang proses terbentuknya atmosfer
sehingga komposisinya jadi kayak sekarang. sampai proses pembentukan atmosfer
selama 3,6 milyar tahun itu kita rusak dengan tangan kita cuma dalam waktu 1 abad.
Ayo selamatkan atmosfer kita dari kerusakan.
Download
Random flashcards
hardi

0 Cards oauth2_google_0810629b-edb6-401f-b28c-674c45d34d87

Rekening Agen Resmi De Nature Indonesia

9 Cards denaturerumahsehat

Card

2 Cards

Create flashcards