manusia dan komunikasi

advertisement
TEKNOLOGI INFORMASI PEMBELAJARAN PKN Lu3i Hardiyanto, S.Sos, MM STKIP Kusuma Negara Jakarta MANUSIA DAN KOMUNIKASI ARTI PENTING KOMUNIKASI „ Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. „ Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. „ Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-­‐masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi. MENGAPA MANUSIA BERKOMUNIKASI 1.  Manusia Ndak bisa hidup sendiri „  Membutuhkan kehadiran orang lain „  Interaksi sosial dengan sesama manusia yang membuat manusia butuh untuk berkomunikasi 2.  Menyampaikan pikiran, gagasan, atau perasaannya „  Adanya pertukaran informasi diantara keduanya „  Seorang guru agama mengajarkan tata cara berwudlu Dengan demikian, Komunikasi antarmanusia selalu memiliki 2 dimensi : 1. 
Dimensi Relasl (adalakanya manusia berkomuniksai untuk menjaga relasi/ basa-­‐basi) 2. 
Dimensi Informasi (berkomunikasi untuk saling bertukar informasi) FUNGSI KOMUNIKASI MENURUT ONONG UCHJANA EFFENDY: 1.  Menginformasikan (to inform) 2.  Mendidik (to educated) 3.  Menghibur (to entertain) 4.  Mempengaruhi (to influence) UNSUR-­‐UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI 1.  Komunikator = who [communicator, source, 2. 
3. 
4. 
5. 
sender] Pesan = says what [message] Media = in which channel [channel, media] K o m u n i k a n = t o w h o m [ c o m m u n i c a n t , communicatee, reciever, recipient] Efek [effect, impact, influence] KARAKTERISTIK/TATANAN KOMUNIKASI 1. 
Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communica0ons) „  komunikasi yang terjadi di dalam diri komunikator atau lazim disebut komunikasi dengan diri sendiri. 2. 
Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communica0ons) „  terjadi dalam kon-­‐teks satu komunikator dengan satu komunikan (komunikasi diadik: dua orang) atau satu komunikator dengan dua komunikan (komunikasi triadik: Nga orang) 3. 
Komunikasi Kelompok (group communica0ons) „  Apabila jumlah pelaku komunikasi lebih dari Nga orang 4.  Komunikasi dalam Organisasi „  Komunikasi organisasi terjadi di dalam organisasi maupun antarorganisasi, bersifat formal maupun informal 5. 
Komunikasi Massa „  Komunikasi massa melibatkan jumlah komunikan yang banyak, tersebar dalam area geografis yang luas, namun punya perhaNan dan minat terhadap isu yang sama. 6. 
Komunikasi Antarbudaya (intercultural communica0on) „  terjadi apabila sebuah pesan (message) yang harus dimengerN dihasilkan oleh anggota dari budaya tertentu untuk konsumsi anggota dari budaya yang lain. MANAJEMEN KOMUNIKASI Manajemen komunikasi adalah proses Nmbal balik (resiprokal) pertukaran sinyal untuk memberi informasi, membujuk atau memberi perintah, berdasarkan makna yang sama dan dikondisikan oleh konteks hubungan para para komunikator dan konteks sosialnya (Cutlip,
2007). RINTANGAN DALAM BERKOMUNIKASI 1.  Rintangan Pribadi „ Adanya hambatan pribadi yang disebabkan karena emosi, alat indera yang terganggu, kebiasaan-­‐kebiasaan yang berlaku pada norma atau budaya tertentu. 2.  Rintangan Fisik „ Terlalu jauh jarak tempat berkomunikasi antara sender dan reciever. Maka dibutuhkan media seperN telepon, alat pengeras suara, dan alat komunikasi lainnya. 3.  Rintangan Bahasa „ Kesalahan dalam menginterpretasikan isNlah kata. LINGKUNGAN-­‐LINGKUNGAN KOMUNIKASI MANUSIA „  Ada perubahan dan perbedaan yang terjadi akibat perkembangan teknologi yang melahirkan media baru. „ Komunikasi melalui media baru (new media sphere) bersifat dialogis dan pesan mengalir dari dan kepada orang banyak, Misalnya Facebook, Twiaer, Path, Dll „ Komunikasi melalui media tradisional (tradiNonal media sphere) bersifat monologis, yang pesannya mengalir dari satu orang kepada banyak orang. MEDIA SATURATED (SESAK MEDIA) „ Berbagai informasi dapat diperoleh dengan mudah mulai dari perisNwa sehari-­‐hari sampai informasi ilmiah yang pelik melalui internet. „ Era MediaNsasi adalah era untuk menandai pengaruh media yang besar atas berbagai fenomena yang terjadi saat ini „ Kita Ndak bisa lagi memandang media sebagai perangkat oleh individu, kelompok atau organisasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan „ Media kini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan individu, kelompok atau organisasi STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN 1.  Guru sebagai penceramah 2.  Guru sebagai moderator 3.  Guru sebagai pembimbing 4.  Guru sebagai manajer 5.  Guru sebagai koordinator dan inovator „  Komunikasi pembelajaran Ndak harus membutuhkan kemampuan verbal dalam berkomunikasi. „  Perlu kemampuan mendesain sumber belajar dan media pembelajarannya (film, audio-­‐video, internet, dll) THANK YOU Bila ada yang kurang jelas silahkan hubungi: (Office Hour)
08128145818
[email protected]
PIN : 2166B3AE
Download
Random flashcards
Rekening Agen Resmi De Nature Indonesia

9 Cards denaturerumahsehat

Rekening Agen Resmi De Nature Indonesia

9 Cards denaturerumahsehat

sport and healty

2 Cards Nova Aulia Rahman

Nomor Rekening Asli Agen De Nature Indonesia

2 Cards denaturerumahsehat

Create flashcards